3 Anggapan Yang Salah Tentang Penyebab Munculnya Jerawat

Published on

Jika anda sering membaca artikel baik media cetak maupun internet mengenai macam-macam penyebab jerawat, anda akan mengetahui beberapa hal yang memicu munculnya jerawat pada wajah, seperti akibat kotoran debu, minyak, dll. Disamping penyebab umum seperti yang dijelaskan, ternyata masih banyak lagi ulasan yang mengungkapkan berbagai hal yang memicu jerawat. Beberapa diantaranya adalah benar adanya meskipun tidak sedikit poin bahasan yang sebenarnya adalah mitos.

3 Anggapan Yang Salah Tentang Penyebab Munculnya Jerawat

Berikut adalah beberapa anggapan yang salah dan benar tentang penyebab munculnya jerawat:

Jerawat Disebabkan Oleh Kotoran ( Benar )

Kotoran debu yang bercampur dengan minyak pada wajah menyebabkan menyusupnya kotoran kedalam pori – pori yang menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini merupakan penyebab utama munculnya jerawat pada wajah. Oleh karena itu, sangat penting agar rajin membersihkan wajah setiap hari dengan menggunakan sabun wajah.

Jerawat Disebabkan Oleh Konsumsi Makanan Lemak ( Salah )

Beberapa informasi ada yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dapat menimbulkan jerawat. Padahal pada kenyataannya secara ilmiah belum pernah ada hasil penelitian maupun sampel yang menunjukkan hasil demikian. Sehingga pengaruh jerawat terhadap wajah secara langsung belum dapat dibuktikan 100 % kebenarannya. Pernahkah anda melihat seseorang yang gemuk (obesitas) yang berwajah mulus, sementara orang yang memiliki berat badan ideal justru memiliki masalah jerawat pada wajahnya?

Secara logika, orang yang bertubuh gemuk akan memiliki defisit lemak yang banyak ditubuhnya dan seharusnya jika lemak memang memicu jerawat secara langsung maka setiap orang yang bertubuh gemuk akan memiliki masalah dengan jerawat. Akan tetapi kenyataanya tidaklah demikian.

Sinar Matahari (UV) Dapat Mengeringkan  Jerawat

Paparan sinar matahari atau ultraviolet memang dapat mengeringkan jerawat lebih cepat, akan tetapi hal tersebut tidak membuat jerawat menjadi sembuh karena ketika kelembaban kulit kembali seperti sedia kala, jerawat akan kembali meradang. Selain itu justru akan menghadirkan masalah lainnya pada jerawat anda yaitu berubahnya jerawat menjadi bercak atau flek hitam yang lebih sulit untuk dihilangkan kemudian.

Demikianlah informasi mengenai 3 Anggapan Yang Salah Tentang Penyebab Jerawat. Semoga bermanfaat.

sumber: 

https://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat

http://www.ruthjetti.com/2016/10/terbukti-7-cara-mencegah-jerawat-muncul.html

Comment on this post